Penyebab bau asam pada mobil kesayangan - Simulasi-Kredit.com

Penyebab bau asam pada mobil kesayangan

Simulasi-kredit.com – Memiliki sebuah mobil menjadi keinginan dari kita tentunya. Tapi kalau kalau mobil tidak dirawat dapat menyebabkan bau asam pada kabin mobil kesayangan dan kerusakan body pada bagian luar sehingga menggangu penampilan.

cara menghilangkan bau asem di kabin mobil

Ilustrasi bau asam pada kabin mobil

Jika bau asam pada mobil sudah mulai tercium, sudah pasti mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara, nah agar terhindar dari bau asam pada mobil, kalian harus tau nih penyebab bau asam pada mobil kesayangan.

Penyebab Bau Asam Pada Mobil Kesayangan

1. Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab bau asam pada mobil kesayangan. Pada umumnya, bakteri yang membuat udara kabin mobil menjadi tidak sedap berasal dari lumut atau jamur yang mengendap pada evaporator mobil.

Cara menghilangkan bau asam pada mobil yang disebabkan oleh bakteri, silahkan kalian cek bagian evaporator AC untuk dilakukan pembersihan.

2. Endapan Cairan

Endapan cairan yang menyebabkan bau tak sedap pada kabin mobil bisa berasal dari remah makanan, tumpahan minuman, atau parfum mobil yang masuk ke dalam saluran AC dan mengalami pengendapan sehingga menjadi lendir.

Lendir ini yang kemudian menjadi sarang berkembang biak bagi bakteri, virus, jamur, dan kuman penyebab bau asam. Selain itu, lendir ini bersifat asam sehingga menyebabkan korosi pada kompresor maupun kondensor AC sehingga akan menyebabkan korosi dan kerontokan mesin mobil.

3. Asap rokok

Penyebab bau asem pada kabin mobil yang lainnya bisa berasal dariĀ  asap rokok karena Sifat bau asap rokok ini akan terus menempel terutama pada bagian plafon dan material fabric.

Selain itu kandungan nikotin yang bercampur dengan freon dan membawa partikel nikotin sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan penumpang mobil.

4. Parfum Mobil

Parfum mobil umumnya terbuat dari bahan dasar petroleum yang dibuat menjadi bentuk parafin sehingga dapat menyublim.

Karena bahan dasarnya minyak, uap yang dihasilkan juga berupa minyak, sehingga ketika mobil dijemur dibawah terik mata hari akan mempercepat proses penyumbliman.

Ketika evaporator dihidupkan uap ini akan terdorong dan menempel di dinding evaporator.

Setiap kali parfum mobil habis, biasanya Anda membeli parfum baru dengan bau yang berbeda.

Jika ini dilakukan berulang kali bau yang dihasilkan akan menjadi aneh karena kombinasi dari beberapa jenis parfum yang menempel di dinding evaporator.

Itulah beberapa faktor penyebab bau asam pada mobil kesayangan, kalau sudah tahu sebab nya, tinggal kita cegah agar bau tidak sedap tersebut tidak muncul pada mobil kesayangan.

Baca Juga :Ingin beli mobil bekas? cek dulu tanda mobil bermasalah