Ingin jual rumah tapi masih KPR ? Simak cara nya berikut ini

Ingin jual rumah tapi kondisi masih KPR ?  – Membeli sebuah rumah merupakan impian setiap masyarakat. kalian pasti sudah mengetahui bahwa harga rumah cukup mahal saat ini dan mengalami kenaikan yang sangat signifikan setiap tahun nya.

Oleh karena itu, pengajuan KPR sangat di minati oleh sebagian besar masyarakat saat ini dari berbagai program KPR DP ringan, Cicilan Ringan , Bahkan yang terbaru KPR Rumah DP 0 %.

Baca Juga : Syarat Kredit Rumah DP 0% Program Pemrov DKI Jakarta

Fasilitas KPR sesungguhnya adalah rumah impian yang akan kalian miliki sudah dibayarkan secara penuh oleh pihak Bank pemberi KPR dan kalian harus membayarkan dengan sejumlah  cicilan dengan tenggang waktu sesuai dengan kesepakatan pada saat akad kredit kpr.

Syarat kpr rumah dp 0% pemrov dki jakarta

KPR

Dari pemberian fasilitas kredit KPR, Sertifikat rumah kalian berada di bank pemberi fasilitas kredit dan akan kalian miliki jika sudah melunasi seluruh kewajiban. Namun, jika kalian lalai atau tidak membayarkan kewajiban kalian, pihak bank dapat meyita kepemilikan rumah tersebut.

Meskipun masih dalam kondisi KPR ke bank, kalian dapat menjual rumah tersebut selama masih dilakukan secara tepat. maka dari itu simulasi-kredit.com akan memberikan tips cara menjual rumah yang masih kpr untuk kalian

1.Pelunasan Lebih Awal

Cara paling sederhana dalam menjual rumah yang masih dalam kondisi KPR adalah dengan melakukan pelunasan lebih awal kepada bank pemberi pinjaman.

Biasa nya pada saat melakukan pelunasan lebih awal kalian akan mendapatkan denda atau pinalti sesuai dengan pada kesepakatan awal pada saat akad kredit. tapi, denda yang kalian dapatkan lebih kecil dari pada besaran bunga pada saat masih dalam proses KPR.

2.Menjual Rumah Terlebih dahulu, Baru Pelunasan

Cara selanjutnya adalah dengan menjual rumah terlebih dahulu dan setelah itu baru kalian melakukan pelunasan ke bank pemberi kredit KPR.

Ada baiknya, kalian jelaskan terlebih dahulu ke calon pembeli bahwa rumah tersebut masih dalam proses KPR dan akan dilunasi jika rumah tersebut telah laku terjual.

3.Over Kredit KPR

Cara menjual rumah yang masih dalam kondisi KPR selanjutnya adalah melakukan over kredit KPR. cara ini biasanya akan dilakukan dengan dua buah cara :

  • Pembeli melakukan pergantian seluruh uang yang telah kalian keluarkan pada saat kredit rumah dan melanjutkan sisa tenor pinjaman ke bank Pemberi Kredit
  • Menggunakan Fasilitas KPR Takeover , Program ini masih KPR juga, hanya saja sudah berbeda bank pemberi kredit.

Nah, itulah sedikit tips cara menjual rumah yang masih dalam kondisi KPR. hal ini terjadi kerena berbagai faktor dari individu masing – masing.

Baca Juga : Rumah harga Rp. 200 Jutaan, Mau ?