Fungsi Kiprok pada Motor

Fungsi Kiprok pada Motor – Para pengguna sepeda motor pasti sering mendengar nama komponen sepeda motor, yaitu kiprok. tapi apakah kalian tahu fungsi kiprok pada sepeda motor?.

Banyak dari kita khususnya pengendara sepeda motor lebih memperhatikan Aki pada sistem kelistrikan sepeda motor akan tetapi kurang memperhatikan fungsi kiprok pada sepeda motor.

Salah satu fungsi kiprok pada sepeda motor adalah untuk menstabilkan arus listrik  dan sudah pasti berpengaruh masa pakai aki kendaraan, apakah cepat rusak atau sebaliknya.

Fungsi Kiprok pada Motor

Jika diambil dari bahasa teknik, kiprok adalag rectifier regulator dan apabila dijabarkan masing – masing dari suku kata tersebut, fungsi kiprok pada sepeda motor memiliki dua peranan kelistrikan.

Fungsi Kiprok pada sepeda motor

Kiprok

Rectifier mempunyai arti penyearah. jadi fungsi kiprok pada sepeda motor adalah mengubah sistem kelistrikan yang dihasilkan oleh mesin motor yang menghasilkan listrik berjenis AC (alternating current) menjadi DC (direct current). dengan dirubahnya listrik AC ke DC oleh kiprok, sumber tenaga tersebut baru bisa bisa disimpan ke dalam aki.

Baca : cara membedakan busi asli atau palsu

Selanjutnya regulator atau bisa juga dikatakan sebagai alat pengatur. dalam hal ini sudah pasti sistem kelistrikan. lebih jelas nya seperti ini, jika aki sudah terisi penuh oleh listrik yang dihasilkan mesin motor, secara otomatis fungsi kiprok pada sepeda motor adalah menghentikan aliran listrik ke aki dan mentransfernya ketempat lain.

Ketika sepeda motor menyala, tentu mesin akan terus berputar, dan selama itu juga listrik selalu dihasilkan. karena  aki memiliki batasan daya tampung tertentu sampai akhirnya terisi penuh, dan tidak membutuhkan lagi pasokan listrik. maka pada saat itulah fungsi kiprok mengatur aliran listrik, dengan mengalihkannya ke bagian sepeda motor yang lain, agar tidak terjadi overcharge pada aki, sehingga aki tidak cepat rusak.

Karena begitu pentingnya fungsi kiprok pada motor, ada baiknya kalian melakukan pengecekan tegangan kiprok pada saat kalian melakukan servis rutin atau pada saat kalian mengganti aki sepeda motor

Sekarang sudah tahu kan fungsi kiprok pada motor? jangan anggap remeh kegunaan dari kiprok agar motor kesayangan kalian tidak minta jajan.

baca : cara merawat rantai sepeda motor