Fakta Antena Pada Mobil yang belum kalian ketahui - Simulasi-Kredit.com

Fakta Antena Pada Mobil yang belum kalian ketahui

Simulasi-kredit.com – Fungsi antena mobil utamanya memang untuk menangkap gelombang radio, tapi masih banyak fakta antena mobil yang belum kalian ketahui.

Terlihat sangat sepele kan fungsi dari antena mobil? tapi itu dapat meyelamatkan kalian dari macet yang bisa membuat frustasi.

Sebelum kepembahasan selanjutnya, ada baiknya kalian mengenal jenis – jenis antena mobil, karena saat ini antena mobil memiliki 5 buah type.

Jenis Antena Mobil :

Antena Besi

Mungkin sudha tidak asing lagi dengan antena radio yang terbuat dari besi, cara penggunaanya masih secara manual yaitu dengan menaikan atau menurunkan antena pada kendaraan. antena besi ini masih terdapat pada kendaraan seperti : Toyota Avanza Generasi Pertama, Suzuki Carry , Suzuki Karimun Wagor R dan Masih banyak lagi.

Antena Fixed

Antena fixed pada mobil sudah paten atau tidak dapat dirubah ( naik atau turun ) seperti antena besi. Kendaraan yang menggunakan antena fixed adalah Honda Jazz generasi pertama dan Nissan X-Trail.

Antena Sirip Hiu

Selain dapat untuk menangkap gelombang radio, antena mobil berjenis sirip hiu ini dapat mempercantik tampilan mobil. Biasanya antena berbentuk sirip hiu ini berada pada bagian belakang mobil. Antena jenis ini sudah banyak di implementasikan pada mobil terbaru, salah satu nya Toyota Innova Reborn

antena sirip hiu

Fungsi Sirip Hiu Pada belakang mobil

Antena Printed Glass

Antena ini termasuk antena canggih, kenapa ? karena antena ini tercetak pada kaca kendaraan. Biasanya antena ini berbentuk garis pada kaca.

Antena Motorized

Berbicara canggih, masih ada nih antena mobil motorized yang canggih, karena antena ini bisa naik dan turun secara otomatis dimana mesin dihidupkan antena langsung naik dan ketika mesin dimatikan antena akan turun. namun ada juga yang masih menggunakan tombol. Contoh kendaraan yang menggunakan antena jenis motorized adalah Hyundai Elantra dan Hyundai Avega.

Berbicara tentang fakta antena mobil, tidak akan bertahan lama jika kalian tidak merawatnya dengan baik dan benar. Kalian harus memperhatikan hal dibawah ini agar antena mobil kesayangan kalian dapat bertahan lama dan berfungsi dengan baik.

Hal yang meyebabkan antena mobil cepat rusak

  1. Tidak mengeringkan atau mengelap antena besi setelah mencuci mobil sebab air atau endapan sabun yang tertinggal bisa menyebabkan karat.
  2. Antena tertekuk atau bahkan bengkok karena tertekan saat memasang cover mobil.
  3. Antena mobil, khususnya yang besi, tersangkut ranting atau portal yang menyebabkan patah atau bengkok.
  4. Antena fixed berbahan karet material karetnya getas atau retak-retak akibat sering kena panas dan hujan dalam jangka waktu yang panjang.
  5. Antena printed glass yang menempel di kaca rusak karena terputus akibat pemasangan .
  6. Kalau putus mesti ganti baru dan biayanya sekitar Rp 2,2 juta.

Itulah beberapa fakta antena mobil yang mungkin belum kalian ketahui, dengan ada nya sedikit artikel ini simulasi-kredit.com harapkan kalian dapat lebih memperhatikan setiap bagian pada kendaraan kesayangan kalian.

Baca Juga : Kredit mobil tanpa BI Checking