Cara mengurus STNK Motor atau Mobil yang Hilang

Cara mengurus STNK Motor atau Mobil yang Hilang – Surat Tanda Nomor Kendaraan atau yang biasa disingkat STNK merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh para pemilik kendaraan.

Pastikan kalian selalu membawa kelengkapan dokumen kendaraan kalian seperti STNK dan SIM pada saat akan mengedarai kendaraan.

cara ngurus stnk hilang

STNK

Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian buruk yang dimana Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hilang? lalu bagaimana cara mengurus STNK kendaraan yang hilang ? dikutip dari halaman website NTMC Polri. Jika STNK hilang, segera laporkan kepihak kepolisian.

Cara mengurus STNK Motor atau Mobil yang Hilang

Untuk mengurus STNK yang hilang, dibutuhkan persayaratan dataatau dokumen yang berupa :

  • KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi),
  • fotokopi STNK yang hilang,
  • surat keterangan hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat,
  • BPKB asli dan fotokopi.
  • Surat keterangan dari Leasing jika kendaraan kalian masih kredit

Prosedur perngurusan STNK motor atau mobil yang hilang

Untuk prosedur pengurusan STNK motor atau Mobil yang hilang, silahkan kalian datang ke kantor samsat dan kalian harus melakukan cek fisik kendaraan dan kalian fotocopy hasil dari cek fisiknya.

Setelah kalian melakukan cek fisik baik itu motor maupun mobil, kalian harus mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya adalah proses cek blokir. apa itu cek blokir bpkb dan stnk? cek blokir bpkb dan stnk berguna untuk menonaktifkan segala kegiatan yang dilakukan pada dokumen kendaraan kalian tanpa adanya persetujuan dari kalian.

Jadi dengan adanya cek blokir, orang lain tidak dapat merubah atau membalik nama surat – surat kendaraan kalian, tanpa seizin dari kalian.

Setelah proses cek blokir STNK dan BPKB, kalian langsung menuju ke loket BBN II untuk membuat STNK baru. dalam tahapan ini, lampirkan semua persyaratan data dan dokumen yang diperlukan.

Selanjutnya kalian melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Jika kalian baru saja membayar pajak, maka bebas dari biaya pajak akan tetapi kalian wajib membayar administrasi untuk pembuatan STNK baru.

Proses pembuatan STNK motor atau mobil yang hilang tahapan terakkhir adalah, kalian tinggal mengambil STNK dan SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah.

Baca Juga : Jadwal pemutihan pajak tangerang

Mudah kan cara mengurus stnk motor atau mobil yang hilang? saat nya tertib administrasi ya