Cara cepat mendapatkan rumah idaman

Cara cepat mendapatkan rumah idaman – Memiliki rumah sendiri merupakan satu langkah penting dalam hidup, akan tetapi setiap hari harga rumah mengalamai kenaikan yang sangat signifikan

Pastikan tabungan dan keuangan kalian dalam keadaan “sehat” jika ingin memiliki rumah idaman agar tidak terjadi hambatan dikemudian hari

Banyak sekali masyarakat yang mengira jika mereka sudah siap untuk membeli rumah, akan tetapi pas pengajuan kredit kepemilikan rumah mereka baru mengerti bahwa keuangan mereka belum memadai.

Baca : Cara agar pengajuan KPR cepat di Approve

Jika kalian merasa masih belum mampu untuk membeli rumah, berikut tips mengelola keuangan agar dapat membeli rumah.

Cara cepat mendapatkan rumah idaman

1. Mengetahui Kemampuan

Mengetahui kemampuan keuangan kalian, pastikan besarannya cicilan KPR nanti hanya sepertiga dari pendapatan.

Rencanakan secara matang – matang, jika anda memiliki cicilan lain seperti kredit mobil atau kartu kredit, lebih baik menunggu sampai cicilannya menjadi lunas.

 

Hal ini dilakukan untuk menghindarkan Anda dari banyaknya tagihan dan berakhir di hutang nantinya.

2. Mulailah Menabung

Pada umumnya, besaran uang muka untuk pembiayaan rumah berkisar dari 10% sampai dengan 30% dari harga rumah.

Mulai lah menabung untuk memperingan uang muka rumah impian.

Sebagai perhitungan kasar, misal harga rumah impian kalian berkisar Rp. 1 Milyar , dan untuk uang muka adalah sebesar 20% , maka uang yang harus kalian bayarkan adalah Rp.200 Juta. Ada beberapa developer yang memberikan kemudahan dengan memberikan fasilitas uang muka dapat dicicil.

Informasi tambahan, kalian wajib mempersiapkan dana tambahan untuk biaya admin KPR dan Surat – surat pada saat tanda tangan KPR.

Untuk alasan inilah kalian wajib menabung jika ingin memiliki rumah impian.

3. Tingkatkan Nilai Kredit Anda

Mintalah salinan nilai kredit Anda dan pelajari salinan tersebut. Apakah tagihan kredit Anda sudah terlalu banyak?

Jika iya, maka Anda harus mulai membersihkan nilai kredit Anda dan meningkatkannya. Jika ada kesalahan dalam laporan kredit, segera laporkan pada petugas secepat mungkin.

Bayar semua hutang dan obligasi keuangan lainnya untuk mulai meningkatkan nilai kredit Anda. Jika memiliki nilai kredit yang jelek maka akan memengaruhi kemampuan Anda untuk membeli rumah.

Anda mungkin akan mendapatkan suku bunga lebih rendah karena nilai kredit buruk atau bahkan lebih buruk lagi mereka tidak akan meminjamkan uang untuk melakukan pinjaman KPR sama sekali.

Jangan hanya berhenti di situ. Bekerja ekstra dengan mempertahankan nilai kredit yang baik sebelum, selama, dan setelah membeli rumah dan mendapatkan pinjaman KPR Anda.

Lembaga pemberi pinjaman kadang-kadang dapat melihat skor kredit Anda di tengah masa pinjaman KPR untuk menentukan apakah Anda bertanggung jawab untuk berada dalam risiko dan melihat apakah mereka perlu meningkatkan minat Anda.

Baca : Ingin KPR ? Pilih Cicilan Ringan atau KPR DP Ringan?

4. Bandingkan KPR

Biasanya, jika kita ingin mengajukan KPR, developer sudah memiliki kerjasama dengan beberapa bank untuk proses pembiayaan kredit.bandingankan secara mendetail, pahami untung dan ruginya seperti apa.

Karena tidak ada pinjaman untuk KPR yang sama dalam artian, besaran bunga dan masa tenor / cicilan maka Anda harus membandingkan bermacam pinjaman KPR yang diberikan.

Perhatikan manfaat, tenor, bungan dan premi pinjaman yang diberikan oleh bank pemberi kredit. dan hal yang terpenting adalah latar belakang lembaga pemberi  pinjaman yang akan digunakan.

Anda juga harus mencari tahu apakah syarat – syarat yang diberikan mudah atau sulit untuk melakukan pinjaman KPR di lembaga tersebut.

5. Dapatkan Pra-persetujuan

Pra persetujuab kredit diambil bersarkan data apendapatan, nilai kredit dan sejarah kredit yang kalian miliki. dengan mendapatkan pra-persetujuan kredit, anda berapa selangkah lebi maju dalam persetujuan pengajuan KPR

Meski begitu tidak menutup kemungkinan jika ada syarat lain yang diperlukan untuk bisa mendapatkan fasilitas  pra-persetujuan pinjaman KPR.

Agar lolos bi checking

BI Checking

Jadi, yang mesti Anda lakukan adalah memastikan hal tersebut dengan lembaga pinjaman yang Anda gunakan. Jika semua hal tersebut dapat dilakukan dengan baik dan tanpa ada nya masalah, maka Anda sudah siap membeli dan mendapatkan rumah impian.

Ketika proses pengajuan KPR sudah tiba waktunya, pastikan kalian melengkapi semua berkas yang diperlukan untuk syarat pengajuan KPR agar proses pengajuan KPR dapat berjalan dengan lancar.

itulah sedikit tips cara cepat memiliki rumah idaman yang dapat admin berikan, semoga kalian segera memiliki rumah idaman bersama keluarga.

Baca : Perumahan baru ditangerang graha raya