4 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah – Membeli sebuah rumah merupakan keinginan kita, namun apa daya mengingat harganya yang selalu naik membuat orang semakin sulit membeli rumah. Jika kalian memiliki rencana untuk memiliki rumah, harap memperhatikan 4 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah.

Saat ini sudah banyak pengembang yang memberikan kemudahan kepada kita untuk memiliki rumah, salah satu nya dengan program kredit rumah dp 0% atau program kredit rumah dp cicil 6x, 12x dan 24x . namun, sebaiknya kalian memperhatikan 4 hal berikut ini sebelum membeli rumah.

desain rumah minimalis 2 lantai 2018

Desain Rumah

Baca Juga : Cara cepat mendapatkan rumah idaman

1. Kemampuan Finansial

Dalam proses membeli rumah impian, khusus nya dengan kredit pemilikan rumah (KPR), kalian harus mempersiapkan uang muka. selain itu kalian juga harus mengetahui biaya – biaya yang akan dikeluarkan selanjutnya seperti biaya kpr, uang tanda jadi dan sebagai nya. perhitungkan juga besaran cicilan, masa cicilan dan besaran bunga yang diberikan oleh bank penyedia KPR.

2. Pilihan Rumah

Ada baiknya kalian melakukan survei ke berbagai developer untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari rumah yang akan kalian beli. tentukan pilihan rumah apa yang kalian inginkan. Misal  : akses yang baik atau suasana yang tenang dan memiliki udara segar.

Perlu diperhatikan, Lokasi rumah yang jauh dari keramaian dapat membuat pengeluaran kalian membengkak pada biaya transportasi.

3. Proses Pembelian

Hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum membeli rumah adalah proses pembelian. biasanya proses pembelian rumah memakan waktu yang cukup panjang.

Pihak bank selaku pemberi pinjaman, akan melakukan serangkaian proses yang membutuhkan waktu, dimulai dari meninjau kemampuan keuangan kalian, melakukan survei ke calon konsumen mereka dan sebagainya.

ada baiknya jika kalian akan mengajukan kredit rumah, pastikan kondisi keuangan kalian tidak bermasalah dalam setahun terakhir (biasanya bermasalah pada kartu kredit) karena hal ini dapat membuat pengajuan kredit kalian di tolak dengan alasan BI Checking

Baca Juga : Cara memperbaiki BI Checking agar KPR di Approve

4. Pengeluaran Lain

Pada proses pengajuan KPR , bukan hanya mempertimbangkan besaran pendapatan yang kalian terima setiap bulannnya baik itu pribadi maupun join income, pihak bank juga mempertimbangkan pengeluaran lain seperti pengajuan kredit yang masih berjalan , biaya kebutuhan  sehari Рhari dan lain sebainya.

Lakukan perhitungan ulang kemampuan keuangan kalian, pastikan jika ingin mengajukan kredit pemilikan rumah, besaran cicilan yang kalian inginkan tidak lebih dari 1/3 gaji agar pengajuan kalian dapat disetujui.

Jika kalian sudah memikirkan 4 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah diatas dan merasa semua dapat terpenuhi dengan baik, sudah saat nya kalian membeli rumah impian.

Baca Juga : Syarat kredit rumah DP 0% program Pemprov DKI